KEPLAYU

| Desember 10, 2008 | Sunting
:kanggo koruptor
lamun kowe isa mlayu,
supaya ora mlebu pakunjaraning,
panggonan kang tentrem ora bakalan tinemu,
amerga ngendi-ngendi ana pakunjaran
dhuwit saka kas negara bakal dadi kuburanmu,
tanpa kenanga,
tanpa dupa
lan putra putrimu bakalan bingung milih doa kanggo siro,
amerga siro pancen wis ora pantes nggayuh swargaloka
saupama arep mertobat,
wis kebacut wareg mangan dhuwite rakyat,
dosamu uga mring rakyat
kang kuwasa ra duwe hak paring pangaksama
ora ana gunane kowe mlayu apa minggat,
utawa malih rupa kanthi operasi.
amerga playumu tetep ing salumahing bumi.
ben wengi bakal klisak-klisik ing turu wengimu
mula ora susah keplayu,
luwih becik tetep ing omahmu,
amerga kabeh palu wus bisa katuku,
pakunjaran uga wis kebak karo kanca-kancamu
***

geguritan adalah puisi jawa yang biasa digunakan untuk menyampaikan petuah-petuah hidup. namun perkembangan zaman menjadikan geguritan lebih fleksibel - seperti puisi modern pada umumnya. beberapa tokoh geguritan misalnya: 
  • J.F.X Hoery, menerbitkan buku kumpulan geguritan bertajuk PAGELARAN pada tahun 2003 lalu. 
  • Turiyo Ragil Putro, baru saja dapatkan kusal Rancage, berkat antologi Bledheg Segara Kidul-nya. 
  • A. Aminoedhin, buku terbaru tokoh dari jawa timur ini adalah Tanpa Miprat. 
selain tokoh-tokoh tersebut, banyak tokoh geguritan lain yang tersebar di di berbagai wilayah di pulau Jawa. Ditambah lagi, ada beberapa media yang masih peduli terhadap warisan budaya ini dengan dengan slot khusus untuk geguritan. Sebut saja Kedaulatan Rakyat, Suara Merdeka, Mekar Sari, hingga majalah khusus berbahasa Jawa semacam Jayabaya, Jaka Lodhang dan Panyebar Semangat.

geguritan diatas adalah refleksi hari anti korupsi, 9 desember kemarin. apalagi dengan budaya korupsi yg dah bak jamur di musim hujan.. para abdi negara pada gengsi kalo ampe selama ia mengabdi blom pernah korupsi, ck,ck. bahkan korupsi berani juga merambah kursi penegak hukum, kaya pak hakim, pak jaksa gitu dengan mau nerima sejenis uang pelicin gitu, padahal tuh kalo dah terlalu licin mreka bisa pada kepleset, nah lo!!

ga kasian pa ma rakyat? mereka pada kelaparan sampai makan sandal, bantal, bahkan aspal!!! apa perlu juga BI nambah tulisan di lembaran uang :JANGAN DIKORUP haha. duh pada ga bisa bayangin pa kalo itu dosa? amit2 dah.

bang becak, jangan malu, lebih tinggi harga dirimu daripada para koruptor itu, Kalian makan dg duit halal. para pemulung, tubuh kalian gak lebih bau dari BB koruptor (walau ketek mreka dah pake deodoran),

koruptor: KE LAUT SANA, isin pak, bocah tuwa ra pareng nakal lhoo.

Arsip

Pesan Mamak

Dirimu yang dulu kususui. Pantatmu yang dulu kubedaki. Kotoranmu yang kujumputi dengan tanganku sendiri, untuk kemudian kuairi.

Pernah kuceritakan padamu tentang negeri yang jauh. Sekadar cerita kala itu. Namun, kini kupikir itu adalah doa. Negeri itu tak kan sejauh dulu. Negeri itu tak kan seabstrak ceritaku dulu. Ku ucap doa untuk setiap langkahmu. Itu akan lebih bermakna daripada sedikit receh yang kusumpalkan ke sakumu. Ku serahkan dirimu pada Tuhan-Mu.

Pergilah, demi dirimu sendiri. Ku kan tunggu kau di sini. Pulanglah ketika kau lelah. Kan kuceritakan tentang negeri yang lebih jauh. Ah, kau sudah lebih tahu pasti. Baik-baik disana, sholat dijaga. Makan? Rasanya tidak perlu ku khawatir soal itu.

 
Uraian blog ini dicuplik dari puisi Sapardi Djoko Damono, Kata, 2
Reka templat oleh DZignine